Friday, February 24, 2017

Konsultasi Tidak Butuh Solusi, Tapi Inspirasi

Pengalaman unik, itu yang kakak rasakan saat banyak teman-teman konsultasi ke saya. Rata-rata mereka sibuk dengan ketakutan dirinya sendiri. Jadi alih-alih solusi yang saya berikan dijalankan, mereka justru selalu kembali dan kembali mengungkit-ungkit apa yang mereka takutkan. Padahal dalam benak saya, yang saya pikir secara simpel adalah, terima dan jalankan solusi. Ntar kita lihat hasilnya.

Dari semua kejadian tersebut, kakak mengambil sebuah kesimpulan bahwa sesungguhnya saat orang berkonsultasi ia tidak butuh solusi. Ia sudah banyak solusi. Dan itu pasti, sebab sejak ia punya masalah pasti ia mikir, dan mikirnya itu pasti juga sudah sangat dalam, tinggi, luas serta kemana-mana. Saya kira semua solusi yang kakak beri sudah pernah teman-teman pikirkan.

Lalu apa yang mereka butuhkan?

Inspirasi, ya! Mereka hanya butuh inspirasi. Seorang konsultan akhirnya harus sadar bahwa saat ada orang datang berkonsultasi, maka sebenarnya ia minta diberi inspirasi. Selain itu, para curhater ini hahaha... juga ingin konsultan jadi orang yang membersihkan jalannya, mengtasi rintangannya, agar ia kembali bisa berjalan dengan nyaman, seperti saat tak ada masalah. Jadi konsultan wajib merangkap untuk menjadi seorang tukang sapu :D

Tapi begitulah uniknya konsultan, saat harus menghadapi klien yang sangat rumit. Kebanyakan curhater aslinya hanya ingin bilang "please, singkirkan semua beban ini. Biar aku bisa lewat dengan aman" hehehe... tapi mereka tak akan bilang itu.

Ya sudahlah gak apa, namanya juga konsultan. Segala masalah adalah tantangan yang menyenangkan untuk diselesaikan. Suatu kebanggan bila mampu membantu dengan maksimal. So, siapa lagi nih yang mau curhat, mau konsultasi? Silahkan hubungi pin saya yak 529ABD4E